My Reflections on 2016

So many blessing di tahun 2016 yang ga bisa disebut Satu persatu. 

Di mulai dengan awal tahun Januari, dimana terhitung sejak bulan itu saya bisa mencapai cita-cita saya untuk bisa menjadi guru bahasa Jerman di Goethe Institut. Perjuangan 6 bulan selama masa Ausbildung atau pelatihan ternyata gak sia-sia. Bisa merasakan menjadi pengajar di situ buat saya pribadi adalah sesuatu yang sangat menyenangkan, karena passion saya emang di situ, walaupun banyak rintangan juga.

Nikmat gak melulu soal uang. Di tahun ini juga masih selalu diberi nikmat sehat. Melihat berita-berita tentang orang yang menderita kanker atau berbagai penyakit lainnya membuat saya sangat aware tentang kesehatan. Saya takut dimasa tua nanti dijangkiti penyakit. Naudzubillahi mindzalik. Semoga di tahun 2017 ini saya bisa rutin berolahraga dan lebih Konsisten dalam menjaga kesehatan. Aamiin

Bersyukur juga hidup di negara yang masih bisa dibilang “aman”, jauh dari konflikt, bisa tidur dan makan yang enak. Bisa kumpul bersama keluarga ditengah kesibukan, punya temen-temen yang care. 

Akhirnya di bulan Desember ini tugas online DLL selesai. Hupfff…bisa nafas sebentar. Dan satu nikmat lagi yang tidak disangka-sangka yaitu bisa menginjakkan kaki lagi ke Jerman dan sekitar nya. Terima kasih kepada atasan saya yang mempercayakan saya berangkat ke sana dan Alhamdulillah membawa hasil yang baik. GW LULUS C1 dengan penuh perjuangan. 🙂

Akhir kata saya ucapkan. Segala puji bagi Allah SWT atas segala nikmat di tahun 2016. Dan saya tutup dengan harapan-harapan saya untuk tahun 2017. Semoga di tahun 2017:

  • Saya bisa menjadi pribadi yang lebih positif, 
  • Ditambahin lagi stock sabarnya,
  • Sifat-sifat negatif bisa saya perbaiki atau minimal saya kurangi,
  • Ga mau cepet menilai orang dari sikapnya, 
  • Bisa memperbaiki ibadah, kalau bisa lebih tepat waktu sholatnya, 
  • Jangan keseringan menunda-nunda pekerjaan, 
  • Bisa mengurangi kecanduan bermain sosial media, #noted
  • Bisa lebih sabar menghadapi macam-macam orang ketika diperjalanan,
  • Bisa lebih amanat menjalankan tugas sebagai guru atau menyampaikan ilmu.
  • Bisa lebih Adil memperlakukan murid-murid,
  • Bisa ngurangin kecendrungan belanja online maupun non online, intinya jangan boros. Inget! Beli barang yang kamu butuhkan saja, ta!
  • Bisa lebih bersyukur lagi, kurangin mengeluh!
  • Dan semoga hal yang belum bisa terlaksana di 2016 bisa tercapai di 2017. Allahuma aamiin. 
2 thoughts on “My Reflections on 2016

Leave a Reply

