Jatuh Cinta Untuk Kedua Kalinya Pada Kota Praha

5. Dezember 2016

“Maka nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan”, begitulah bunyi ayat Surat Ar-Rahman yang selalu mengajarkan ku untuk senantiasa bersyukur atas segala nikmatnya.

Maha baik Allah SWT. Pada kesempatan kali ini saya mendapat kesempatan untuk menginjakkan kaki di tanah Europa lagi. Kali ini semuanya sudah ditanggung perusahaan. 

Saya berkesempatan untuk memperdalam lagi bahasa Jerman saya di Goethe Institut Dresden. Wah, kota ini berbatasan dengan kota Praha, yang menurut saya sangat indah dengan segala tata bangunannya. Kebetulan (walaupun di dunia ini tidak ada yang namanya kebetulan, semua sudah diatur oleh Allah SWT), teman sekelas saya ingin berkunjung ke kota Praha, Ibu kota Republik Cheko. 

Waaahh… Saya langsung tertarik untuk ikutan, karena jaraknya tidak begitu jauh hanya 2 jam dari kota Dresden, Tampa pikir panjang saya langsung membeli tiket. Perjalanan kali ini kami menggunakan bus jarak jauh (Fernbus) bernama Flixbus. Fyi, anak muda di Jerman saat ini sangat gemar berjalan-jalan dengan menggunakan Fernbus loh. Kenapa? Betul sekali, karena harga tiket kereta yang bisa dibilang ” muahal”. Oh, iya, kemarin harga tiket bus saya yaitu 28,50€ atau sekitar Rp.450.000 p.p. Lumayan khaaann…

Perjalanan kali ini bersama teman-teman yang berasal darin Mexiko, India dan Rusia. Di dalam bus kami hanya berbicara dalam bahasa Jerman lumayan lah untuk memperlancar bahasa saya yang masih stuck di tempat.

Kami berangkat dari Dresden Hbf( Main Station) pukul 08.30, dan Tina di Kota Praha sekitar pukul 10.30. Ya, perjalanan kami memakan waktu 2 jam, kebayang kan betapa dekatnya. 🙂

Di sana kami ditemani oleh salah Satu pegawai Goethe Institut Praha, dia adalah Kollegs darin teman saya yang berasal dari India. Waah.. Beruntungnya, jadi kami tidak perlu pusing mencari-cari jalan.

Begitu sampai, kami berjalan-jalan sebentar sampai ke Jam Astrologi. Saat itu pukul 12.00, orang-orang berkumpul untuk menyaksikan jam itu bergerak karena pergerakan matahari.

Banyak banget kan, orang yang berkumpul?

Setelah itu kami pun lapar dan pergi ke suatu restoran yang menyediakan makanan khas Praha. Cuaca yang sangat dingin membuat kami sangat lapar. Seperti biasa, orang asing selalu kaget dengan keberadaan tongsis a.k.a Tongkat Narsis/ selfie. Jadi, sebelum makan, kami bernarsis ria dulu. Kata salah Satu teman “Etha, keluarkan tongkat ajaib kamu”. Taraaa

Di sana saya makan nasi risoto yang vegetarisch saja, untuk menghindari bahan-bahan makanan yang tidak diperbolehkan. 

Perut pun sudah terisi, kami melanjutkan perjalanan ke Charles Bridge. Indahnya tata kota di sini membuat saya selalu ingin kembali bernostalgia di kota ini. Tahun 2014 saya sudah pernah ke kota ini bersama teman saya bisa dibaca di sini

“Etha, keluarkan tongkat ajaibmu”

Cuaca saat itu kurang bersahabat. Sangat dingin dan berkabut pada sore hari.-4°C bagi saya yang terbiasa tinggal di daerah tropis, itu sangat terasa dingin. 

Bisa terlihat kan kabutnya?

Kami pun pergi lagi ke suatu kedai untuk sekedar menghangatkan badan, misalnya dengan meminum kopi atau teh. Fyi, kali ini pelayannya agak kurang ramah. Mungkin, karena kami hanya memesan minuman, bukan makanan berat kali ya. Hehe.

Pukul 20.30 kami kembali ke bus untuk perjalanan pulang. Begitu 15 menit bus berjalan, ada Satu penumpang yang terkenan Epilepsi. Wah, awalnya kami tidak tahu, mengapa bus berhenti di pom Bensin sangat lama. Kemudian salah Satu teman kami mengecek. Dan ternyata sudah ada mobil ambulance di samping bus kami. Penumpang tersebut berdalih untuk tetap ikut bersama bus kami, tetapi sang sopir tidak ingin mengambil resiko. Drama pun berlanjut sampai sekitar 1 jam dan membuat kami terlambat sampai Rumah. 00.15 kami Tina di Rumah dan sangat lelah, kedinginan, ada Drama. 

Sekali lagi, tidak ada perjalanan yang mulus 100%. Akan selalu ada cerita dibaliknya, baik yang manis ataupun pahit. 🙂

Leave a Reply

