FAQ: “Kenapa sih Belajar Bahasa Jerman Susah?”

Guten Morgen allerseits.

Kali ini saya mau mencoba menjawab pertanyaan “mainstream” dari pembelajar bahasa Jerman, “kenapa sih belajar bahasa Jerman susah?”.

Perlu diketahui setiap orang memiliki kecerdasan masing-masing. Tidak semua orang memiliki kecerdasan bahasa. Hal ini yang perlu diketahui orang tua, agar tidak memaksakan anaknya untuk belajar bahasa Jerman. 

Apa itu kecerdasan bahasa? 

Menurut artikel yang saya baca di https://kloponom.wordpress.com/paud/kecerdasan-majemuk/kecerdasan-bahasa/
“Kecerdasan Bahasa adalah kemampuan menggunakan kata-kata secara efektif, baik secara lisan maupun tertulis. Kecerdasan ini meliputi kemampuan menggunakan tata bahasa, bunyi bahasa, makna bahasa, dan penggunaan praktis bahasa.”

Oleh karena itu perlu dipahami, mengapa seorang anak selalu mendapatkan nilai yang kurang memuaskan dalam struktur atau Grammatik misalnya. Mungkin saja kecerdasan bahasa anak tersebut tidak terlalu menonjol. 

Orang yang memiliki kecerdasan bahasa, cenderung mempunyai kemampuan untuk membandingkan tata bahasa yang dipelajarinya sekarang dengan tata bahasa yang pernah dipelajari sebelumnya. Misalnya saja, seseorang sedang belajar bahasa Jerman, hal yang sering terjadi adalah mereka pernah mempelajari bahasa Inggris. Hal tersebut sangat membantu atau mempermudah pembelajar untuk membandingkan kedua bahasa tersebut. Sehingga si pembelajar tidak mengalami kesulitan dalam belajar.

“Kenapa ada artikel pada benda dalam bahasa jerman? Itu sangat menyulitkan. Kami harus menghafalnya”. Kita juga harus sadar. Bahwa setiap bahasa di dunia memiliki keunikannya masing-masing. Justru itulah yang menjadi daya tarik dalam mempelajari bahasa. Cara yang saya lakukan untuk menaklukan kesulitan ini adalah dengan membandingkannya ke dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris, benda pun sebenarnya memiliki artikel, contohnya “the book” dalam bahasa Jerman “das Buch”. Selain itu ,ada kok ciri-cirinya yang bisa mempermudah kalian dalam mempelajari artikel. Klik here

Tentu saja itu bukan faktor utama dalam mempelajari bahasa. Selain bakat natural yang dimiliki seseorang, seseorang perlu juga belajar mandiri. Misalnya saja seseorang mendapat materi di sekolah atau di tempat kursus. Belajar mandiri sangat menunjang seseorang untuk bisa mahir dalam berbahasa, khususnya bahasa Jerman.

Semoga artikel ini bisa sedikit memberi pencerahan bagi para pembelajar bahasa Jerman.

Auf Wiedersehen

Advertisements

2 thoughts on “FAQ: “Kenapa sih Belajar Bahasa Jerman Susah?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s