Pendidikan Guru Bahasa Jerman di Goethe Institut (Deutschlehrerausbildung)

Annyeonghaseyo!

Guten Abend!
Kali ini saya mau menjawab secara detil pertanyaan-pertanyaan Netizen. “Bagi-bagi pengalaman DLA dong!”

Well, cekidot guys.

1. Apa Saja Persyaratan Mengikuti DLA (Deutschlehrerausbildung) di Goethe Institut?

Untuk bisa mengikuti DLA ini kalian harus memiliki kualifikasi yang diminta Goethe Institut. Berikut saya jabarkan ya:
– Memiliki Ijasah minimal S1 di bidang Bahasa Jerman (Sastra maupun pendidikan).
Yup, kalian harus sudah menyelesaikan studi kalian di Universitas. Tetapi kalau kalian lulusan kuliah di Jerman dengan studi selain DaF(Deutsch als Fremdsprache) juga bisa. Asaaaalkan kalian memiliki kualifikasi untuk mengajar bahasa Jerman. Misalnya saja, di Jerman kalian mengambil studi teknik, tetapi kalian lebih memiliki passion menjadi guru, itu sah sah saja. Toh, kalian juga pernah belajar bahasa Jerman kan.

– Memiliki Pengalaman Mengajar Bahasa Jerman.
Kualifikasi ini sudah jelas. Kalian kan mau menjadi pengajar, tentu harus memiliki pengalaman mengajar. Tentang lama atau tidaknya pengalaman, ternyata itu tidak terlalu berpengaruh loh. Kenapa?.
Hmmm… begini saya share sedikit ya. Teknik mengajar di Goethe itu sangat berbeda dengan teknik mengajar di sekolah. Di sini, sebagai guru kalian harus menyiapkan materi-materi yang menarik dengan media2 interaktif. Nah, bisa dibandingkan kan dengan di sekolah, yang kebanyakan guru hanya mengajar dengan textbook.

Jadi, kalau kalian belum memiliki banyak pengalaman mengajar, tidak usah berkecil hati. Kita di sini sama-sama belajar dari nol untuk menyesuaikan dengan teknik mengajar di sini.

– Pernah Tinggal di Jerman Selama 1 Tahun.
Kualifikasi ini sangat penting. Karena, sebagai guru di sini, kalian juga harus membagikan pengalaman tentang budaya di Jerman. Istilahnya landeskundliche Information. Misalnya: bagaimana memesan tiket kereta, membuang sampah, berbelanja di supermarket dan semua budaya yang berbeda dengan budaya di Indonesia.
Kalau pengalaman tinggal saya kurang dari 1 tahun apakah bisa?
“Bisa kok, ternyata ada juga yang hanya mendapat beasiswa kursus 1 bulan”

– Memiliki Sertifikat Bahasa Jerman dengan Level C1 dari Goethe Institut.
Bisa ga, kalau saya hanya memiliki sertifikat DaF?”
“Bisa kok. Asal nilainya 4-5. B2 juga bisa”. Nanti kalau sudah lulus menjafi guru di Goethe, kalian akan dikursuskan lagi dan ikut ujian sertifikat C1.
Bahasa juga penting. Memang sih, mengajar di kelas hanya sampai tingkat B1. Tetapi pada saat selbst Reflektion atau refleksi setelah micro teaching kalian harus menggunakan bahasa yang tinggi. Terlebih lagi pada saat mengerjakan tugas-tugas online, kalian harus bisa mengutarakan pendapat dengan bahasa yang tinggi.

Memiliki Pengalaman di Goethe (Goethe Erfahrung)

Maksudnya apa tuh? Misalnya kalian pernah bekerja di Goethe Institut baik dalam membantu projekt atau karyawan. Pernah mendapat beasiswa kursus dari Goethe Institut, Pernah kursus di Goethe Institut. Atau mendapat beasiswa lain ke Jerman otu juga sangat bagus loh.

Memiliki Kreativitas yang Tinggi dan Bisa Mengoperasikan Komputer

Kreativitas yang tinggi tentunya dibutuhkan karena kalian harus mengajar dengan kreativitas (tidak textbook). Pengetahuan komputer juga dibutuhkan karena kalian mengajar dengan menggunakan Smartboard atau papan tulis layar sentuh dan kalian harus menyiapkan materi yang akan diproyeksikan di layar.

Bisa Beringeraksi Dengan Baik Kepada Siswa
Jelas dong, ga mungkin kan kalian menjadi guru yang kaku di depan kelas? Tidak bisa berinteraksi? Kalian mau jadi guru atau apa?

Sekian dulu. Nanti saya lanjut dengan cerita suka-duka nya ya.
Good night people. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s