Study Bahasa Jerman. Why not?

Setelah lulus SMA saya bingung menentukan ingin kuliah di bidang apa. Tahun 2007, tahun dimana budaya Jepang sedang membooming di Indonesia, membuat saya menentukan untuk kuliah di bidang Bahasa Jepang, namun takdir berkata lain. Allah tidak mengizinkan saya berkuliah di bidang tsb.

Pilihan pun jatuh kepada pilihan kedua saya yaitu Bahasa Jerman. Kenapa Bahasa Jerman?
Hmmm… waktu di SMA sempet belajar dan seru juga karena mudah dipahami. (Tapi kok makin ke sini makin susah ya untuk menguasai Ausdruck nya?)
First impression gw ternyata salah. Pertamanya aja gampang, semakin lama semakin susah. Karena kalau bisa dibilang, bahasa Jerman itu bahasa yang unik. (Setiap bahasa memiliki keunikannya masing2 kok)

Bayangkan, setiap benda dalam bahasa Jerman memiliki artikel. Bagaimana bisa menentukan buku itu berartikel netral, meja berartikel maskulin, dll..
Alhamdulillah, masa sulit itu sudah lewat. 🙂

Beruntunglah gw memiliki orang tua yang bener2 ngedukung apa yang gw mau. “Toh yang mau kuliah kan kamu. Kamulah yang ngejalanin”
Alhamdulillah juga, gw bisa menjalankan amanat beliau, dengan kuliah seserius mungkin, gak ngecewain mereka dan bikin bangga mereka.
Notes: kalau nanti jadi orang tua, gw juga ga akan memaksakan kehendak pada anak. Gw akan membebaskan, dia mau ambil kuliah apa, sesuai dengan minatnya.

Hmmm… awalnya sih banyak selentingan2 dari orang sekitar. Contohnya ada yang bilang “Ngapain sih kuliah bahasa Jerman? Mending juga bahasa China atau Inggris yang sudah pasti. Yang pasti-pasti aja deh, nanti susah loh dapet kerjanya”

Gw sih cuma bisa senyum aja, sambil berkata dalam hati “maap situ siapa? Yang mau kuliah kan saya, jadi situ yang repot mikirin masa depan saya. Tapi makasih loh, makasih banyak, sudah care, khawatir.”

Sampai saat ini, gw masih inget sama perkataan temen itu. Saya sih cuma bisa ketawa aja. Dan senang sampai dia bisa lihat gw sukses dengan pilihan gw.

Notes:
Zaman sekarang jangan cari kerjaan yang terlalu mainstream. Carilah yang anti mainstream, yang ga banyak orang bisa. Tekuni bidang yang sudah kamu pilih kalau perlu sampai ke akar-akarnya. Semakin langka semakin dicari loh. Dan saat ini peminat bahasa Jerman semakin meningkat. Kenapa? Karena biaya kuliah di Jerman yang terbilang masih murah, dibanding negara lain. Dan banyak beasiswa yang ditawarkan juga. Semoga menginspirasi 🙂

3 thoughts on “Study Bahasa Jerman. Why not?

Leave a Reply

