Kekaguman Saya Terhadap Alam Jerman

Pertama kali menginjakkan kaki di tanah Jerman. Decak kagum dan rasa syukur akhirnya keinginanku bisa tercapai. Paparan alam yang sangat hijau ada di sini. Bukan bermaksud membandingkan, saya sering mendengar bahwa Indonesia adalah negara yang hijau, maaf salah bung! Tanah Jerman ternyata jauh lebih hijau. Jika kalian menaiki kereta, masih banyak sekali pemandangan hamparan lapangan hijau. Selain itu udara di sana sangat sejuk, jauh dari polusi, dan terlebih lagi masyarakatnya sadar akan kelestarian alam. Mereka turut serta menjaga alamnya. Ya, itulah satu kekaguman saya terhadap negara maju ini.

Pemandangan ini saya lihat bukan hanya di kota kecil, di kota besar seperti Berlin atau München pun masih banyak sekali ruang terbuka hijau.

Pernah suatu ketika saya berdiskusi dengan salah satu orang Jerman. Ketika itu kami sedang bersama-sama wandern atau hiking di sebuah bukit. Di sana ada sebuah hutan kecil. Hutannya masih sangat asri dan terdapat jalur khusus bagi pejalan kaki maupun pesepeda.

A= saya
B= lawan bicara saya

A : apakah ada penebangan liar di hutan?

B  : tidak ada, seseorang yang ingin menebang pohon di sini harus mengantongi ijin dari dinas perhutanan. Pohon yang ditebang pun tidak sembarangan, harus pas umurnya.

A : bagaimana jika seseorang menebang sembarangan? Saya lihat di sini tidak ada penjaga.

B : *menunjuk ke atas*

A : *atas saya pikir maksudnya adalah Tuhan* apa maksudnya? Apakah yang kamu maksud mereka takut terhadap Tuhan?

B : bukan begitu maksudnya. Di atas terdapat satelit udara. Kamu bisa saja menganggap seseorang tidak mengamatimu. Tetapi ada satelit udara. Yang merekam kejadian di hutan. Jika tertangkap kamu sedang menebang pohon, polisi hutan akan menyelidiki pelaku, kemudian tiba-tiba akan datang surat peringatan dan kamu diwajibkan membayar denda.

A : woooooowwww…*saya hanya bisa ternga-nga alias sprachlos mendengar penjelasan darinya. Waw, sangat modern sehingga masyarakatnya patuh*

Seandainya saja diberlakukan system semacam itu di Indonesia dan kesadaran masyarakat akan cinta lingkungan sangat kuat, alam Indonesia pasti akan sangat indah. Tidak akan ada lagi pembalakan liar yang menghancurkan habitat hewan-hewan langka seperti orang utan. Seandainya saja, petugas-petugas hutan tidak mudah disuap dengan uang, pembalakan liar pasti tidak akan ada.

One thought on “Kekaguman Saya Terhadap Alam Jerman

Leave a Reply

