(FAQ) Frequently Asked Question

Sepulang dari Jerman, saya mendapat FAQ a.k.a Frequently Asked Question, yaitu pertanyaan yang sering dilontarkan orang ke saya.

Apa sih FAQ nya?

“Selesai Aupair, apa rencana mbak Etha?”

Banyak pilihan yang bisa dilakukan seseorang setelah kontrak mereka sebagai Aupair berakhir. Ada beberapa orang yang memperpanjang kontrak Aupairnya hingga 1,5 tahun. Soal itu saya kurang begitu tahu bagaimana prosedur perpanjangan visa nya, atau melanjutkan studi mereka di Jerman, bahkan menikah dengan orang Jerman.
Ada juga beberapa teman saya memilih untuk menjadi relawan di panti-panti sosial. Perkerjaan tersebut dinamakan Freiwilliges Soziales Jahr

Jadi, mereka bekerja sebagai relawan yang membantu orang-orang berkebutuhan khusus maupun orang tua. Mengenai FSJ kalian bisa cari di sumber-sumber lain mengenai persyaratannya. Yang jelas batas umur maksimum dari pekerjaan ini sampai kalian berusia 27 tahun dan jika kalian sudah berada di Jerman, akan lebih mudah untuk mengajukan lamaran.

Buat saya pribadi, saya kurang tertarik dengan pekerjaan tersebut. Saya bukan orang yang cukup sabar untuk melakukan pekerjaan tersebut. Dan karena begitu banyak pengalaman berat yang saya alami sebagai orang rantau, maka saya memutuskan untuk kembali ke tanah air.

Memang benar kata pepatah, “home sweet home”. Sejelek apapun rumah kita, atau tanah air kita, tetap saya merasa tanah air saya itu Indonesia. Jauh dari keluarga, teman-teman, dan orang yang kita sayangi, itu rasanya berat bagi saya. Ditambah lagi biaya hidup di sana yang cukup mahal, membuat saya merasa harus balik ke kampung halaman.

Nah, sekarang saya mau ceritakan tentang rencana saya setelah Aupair. Sebelumnya saya mengambil studi pendidikan bahasa Jerman di sebuah PTN di Jakarta, dimana saya diarahkan untuk menjadi guru. Dan kebetulan passion saya memang untuk menjadi seorang guru. Sejak balik, saya sudah mengajar di sebuah tempat kursus Bahasa Jerman. Dan sekarang saya harus berjuang demi cita-cita saya menjadi seorang guru di Goethe Institut. Doakan saya ya!!! Kebetulan kemarin baru lolos seleksi. Nah, masih harus training selama 6 bulan.

Setelah itu, tentu saya ingin melanjutkan ke jenjang hidup yang berikutnya. Ehemm… doakan ya!

5 thoughts on “(FAQ) Frequently Asked Question

Leave a Reply

