Cerita dibalik Menang Video Kompetisi “mein Weg nach Deutschland” dari Goethe Institut Zentrale

Kali ini saya mau sharing tentang pengalaman saya memenangkan video kompetisi dari Goethe Institut Zentrale. Bagaimana caranya.

image

Ceritanya berawal dari “iseng”. Jadi, suatu hari saya liat postingan di fanpage Goethe Institut, tentang lomba ini. Nah, lalu saya iseng mengirimkan profil saya. Isi profil sebenarnya sangat singkat. Saya hanya perlu mengisi data diri, alasan mengapa saya ingin mengikuti kompetisi ini, dan bagaimana akhirnya saya bisa sampai ke Jerman. Karena thema dari video ini adalah mengenai “mein Weg nach Deutschland”, bagaimana saya bisa sampai di Jerman.

Semua saya isi dalam bahasa Jerman. Satu hal yang membuat team kompetisi ini tertarik dengan profil saya adalah mengenai blog saya. Jadi, menurut mereka, mereka sangat tertarik membahas tentang blog saya. Dari situlah mereka memilih saya sebagai salah satu pemenangnya. 😀

Proses awal, saya sama sekali tidak menyangka, ketika menerima telepon dan dinyatakan sebagai pemenang. Mereka melakukan interview melalui telepon. Dan akhirnya penyutingan pun dilakukan pada tanggal 22 oktober 2014. Mereka bilang, pengambilan gambar akan dilakukan di 4 tempat, yakni di cafe, di kelas kursus, di taman, dan toko roti.

Sebelumnya saya meminta izin kepada pihak Volkshochschule Gießen, apakah mereka bersedia jika di tempat ini dilakukan pengambilan gambar. Akhirnya saya mengantongi izin dan beberapa teman saya setuju untuk juga ikut serta dalam film ini. Oh iya, sebenarnya mereka juga sangat ingin melakukan pengambilan gambar di rumah keluarga asuh saya di Jerman bersama anak-anak, akan tetapi keluarga asuh saya tidak setuju, dengan alasan mereka tidak ingin dipublikasi. Harap maklum, orang Jerman sangat menjunjung tinggi privacy mereka. :p

Kami belum pernah bertemu sebelumnya, tetapi team film ini sangat kompak dan ramah. Tidak seperti sutradara yang ada dalam pikiran saya, yang sangat streng, mereka sangat kooperatif. Bahkan mereka sangat sabar, karena berkali-kali harus take ulang gambar “maklum Grammatik bahasa Jerman saya masih agak kacau :p

Proses pengambilan gambar berlangsung setengah hari, dari pukul 10.00-20.00. Lumayan capek sih, tapi seru banget. Ini merupakan pengalaman yang sangat berharga. Film ini sebenarnya akan diputar pada bulan Desember, akan tetapi karena beberapa hal, mungkin proses pengeditannya yang cukup memakan waktu lama dan mereka harus membuat hasil yang semaximal mungkin. Dan jadilah filmnya. Saya sangat puas dengan hasilnya 😀

Banyak yang bertanya, apa yang saya dapatkan dari kompetisi ini. Saya akan mencoba menjawab 🙂
Saya mendapat kepuasan bathin, pengalaman berharga, bisa digunakan sebagai autobiografi, dan merchendise limited edition.

image

Ini dia filmnya jika kalian ingin menontonnya 🙂

2 thoughts on “Cerita dibalik Menang Video Kompetisi “mein Weg nach Deutschland” dari Goethe Institut Zentrale

Leave a Reply

