Tips Jalan-Jalan Murah di Jerman

Kali ini saya mau sharing tips jalan-jalan murah di Jerman. Kenapa? Karena ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, saat pertama-tama menginjakkan kaki di Jerman. Masih buta, sama sekali tidak mengerti transportasi selain Kereta. Ketika saya berada di Jerman, saya tinggal di kota kecil yang jauh dari keramaian. Untuk ke pusat kota (Frankfurt) harus menghabiskan biaya sekitar 14,50€. Mahal binggo 😦

Seiring banyaknya pengalaman di sana, saya semakin bisa memilih transportasi murah, demi menekan biaya transportasi yang sangat mahal di sana. Ternyata ada juga loh, transportasi murah di Jerman,

Fernbus

Terkendala dengan mahalnya biaya kereta di Jerman, perusahaan bus swasta menyediakan fasilitas bus murah, yakni Fernbus atau bus jarak jauh. Untuk mengecek jadwal dan biayanyapun sangat mudah, yaitu dengan mengunjungi busliniensuche.de di sana akan muncul jadwal serta harga-harga yang bersaing untuk Fernbusnya. Saya sendiri pernah menggunakan fasilitas Meinfernbus, City 2 City, Flixbus, serta Student Agency. Sebenarnya masih banyak Fernbus lainnya. Dari keempat bus tersebut, pelayanan paling memuaskan saya dapatkan di Student Agency. Bagaimana tidak, di bus tersebut disediakan tv portable di setiap kursinya (semacam pesawat), serta ada seorang yang bertugas seperti pramugari. Di bus ini penumpang boleh meminta minuman sepuasnya. Enak banget kan.

Jelas saja, fasilitasnya sangat bagus, karena pemesanan tiketnya melalui kredit card :p. Untuk harga, menurut saya tidak terlalu mahal, hanya kendala terdapat pada pemesanan yang mengharuskan menggunakan kredit card. Fernbus lainnya memiliki fasilitas yang hampir sama, seperti toilet, jaringan wifi(tidak semua menyediakan), dan yang paling penting Steckdose a.k.a colokan. Perbedaannya adalah, pada bus City 2 City, tempat duduk sudah diatur, sehingga tidak mungkin berpindah duduk. Satu lagi, akan lebih baik jika kalian memesan tiket secara online, karena membeli tiket on the spot harganya bisa 2 kali lipat dan kalian bisa menghindari resiko ausgebucht atau sold out.

* Update 2016, sekarang saham Meinfernbus sudah dibeli oleh Flixbus. Jadi mereka Begabung menjadi Satu perusahaan.

Mitfahrgelegenheit

Jasa tumpangan kendaraan pribadi. Maksudnya adalah, seseorang yang memiliki kendaraan pribadi, menawarkan seat kosong dengan harga tertentu. Biasanya saya mencari jasa tersebut di blablacar.de Tidak ada salahnya kok, hanya saja kalian harus pintar-pintar memilih orang. Perhatikan Bewertung atau rating dari orang tersebut. Soal harga, sangat jauh dari harga kereta DB. Enaknya menggunakan jasa Mitfahrgelegenheit adalah, kalian tidak perlu transit di suatu tempat, serasa mobil pribadi. Tidur nyaman, begitu buka mata tiba-tiba anda sudah berada di kota tujuan. Pengemudinya pun sangat ramah, mereka menawarkan cemilan, serta musik yang easy listening

*update 2016: saat ini sudah ada teknik baru, jadi kalau kalian ingin berpergian dengan menggunakan Mitfahrgelegenheit, kalian diwajibkan untuk mentrasfer uang terlebih dahulu, jika tidak kalian tidak akan bisa menghubungi si pengemudi. Dan pada saat tiba di tujuan, kamu akan diminta kode oleh pengemudi, yang terdapat di E-Mail kalian, dari kode tersebutlah, sang pengemudi mendapatkan bayarannya.

Gruppenticket

Jika kalian berniat traveling dalam 1 grup, sebaiknya menggunakan Gruppenticket atau tiket grup. Maksudnya adalah, membeli 1 tiket yang bisa digunakan hingga 5 orang. Gruppenticket ini bisa dibeli di Automat. Saya biasanya menggunakan Schönes Wochenendeticket jika ingin bertraveling dalam 1 kelompok. Harganya sangat terjangkau sekitar 44€ untuk maximal 5 orang. Yang lebih menguntungkannya lagi, tiket grup weekend ini bisa dipakai ke seluruh Jerman dan negara tetangga seperti Belanda, Austria, Swiss, Perancis. Namun sayangnya hanya untuk kota perbatasan saja, seperti kota Salzburg Austria atau Entschede, Belanda. Selain itu ada juga ticket grup untuk 1 Bundesland, misalnya Hessenticket , tiket kelompok untuk 1 Bundesland Hessen. Sangat efisien kan?

Semoga sharingnya bermanfaat. Jika kalian memiliki tips lain, monggo disampaikan di kolom Comment.

Advertisements

18 thoughts on “Tips Jalan-Jalan Murah di Jerman

      1. Hallo Ani, cukup aman kok. Saya santai aja di Frankfurt. Tapi pernah bermalam di Stasiun dan banyak pengemis. Jadi kalau malam2 sebaiknya jangan bermalam di stasiun.

  1. Kak mau tanya , emang frankfurt itu kota dengan biaya termahal di jerman ? apa bener kak ?
    trus juga ko bisa sampe mahal gitu ? itu karena emang kota yang ga pernah sepi atau gimana ?

  2. assalamualaikum..saya rencana ke gottingen tgl 18 sep ini..dari bandara frankfurt ke gottingen naik kereta apa dan berapa kisaran harganya….terima kasih..

  3. Boleh minta no wa nya gak? Aku ada kemungkinan mau hadir graduation nya suami.. Pgn minta arahan2 nya, specially tmpt2 yg halal
    Danke..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s