Sistem Pemilahan Sampah di Jerman

Sampah, masalah yang masih belum bisa diselesaikan di Indonesia. Bukan hanya pemisahan sampah yang masih belum efektif, tetapi juga kesadaran masyarakat yang masih kurang. Masih banyak masyarakat yang belum tertib membuang sampah pada tempatnya. Bahkan masih banyak masyarakat yang membuang sampah di sungai, sehingga mengakibatkan banjir.

Kita masih perlu banyak belajar mengenai sistem pengolahan sampah yang ada di negara maju. Pengalaman hidup selama 1 tahun di jerman, membuat saya banyak belajar mengenai sistem pengolahan sampah yang diterapkan di Jerman. Saya sendiri sangat terkesan dengan sistem yang ada di sana dan ingin juga mencoba menerapkannya di rumah.

Ada 4 kategori pemilahan sampah di Jerman. Mereka membuang sampah ke dalam 4 tempat sampah yang dibedakan berdasarkan 4 warna tong sampah, yaitu biru, hitam, kuning dan cokelat. Selain itu masih ada 3 jenis lagi sampah yaitu sampah pakaian bekas, sampah gelas dan sampah botol plastik. Bagaimakah cara menggolongkan sampahnya? Berikut penjelasan beserta gambarnya.

pemisahan sampah di jerman
wpid-mülltonnen_diverse.jpeg.jpeg

  1. Tong Sampah Berwarna Cokelat Atau braune Mülltonne.

Tempat sampah berwarna cokelat dikhususkan bagi sampah berbahan organik atau Bioabfälle. Jenis sampah yang dikategorikan ke dalam sampah organic diantaranya adalah: sampah sisa sayuran, kulit buah, dedaunan, sampah kopi atau teh,dll. Akan tetapi sampah sisa makanan yang tidak dihabiskan, tidak dimasukkan ke dalam kategori ini, melainkan tempat sampah berwarna hitam.


  1. Tong Sampah Berwarna Biru atau blaue Mülltonne.

 Tong sampah berwarna biru dikhususkan bagi sampah berbahan kertas seperti buku-buku bekas, kertas-kertas, Koran-koran, majalah, kardus, dll.


  1. Tong Sampah Berwarna Hitam atau schwarze Mülltonne.

Tempat sampah berwarna hitam dikhususkan bagi sampah-sampah yang susah untuk dipilah, seperti pembalut, popok bayi, tissue, mainan rusak, perabot rumah tangga yang rusak, dan sisa makanan yang tidak habis.


  1. Tempat Sampah Berwarna Kuning atau gelbe Sacke.

 Tempat sampah berwarna kuning dikhususkan bagi sampah-sampah kemasan makanan atau minuman, seperti kemasan susu, kemasan minuman kaleng, kemasan sabun atau shampoo,dll.  Gambar di samping adalah gambar gelber Sack.

gelber sack, kantong kuning, plastik sampah jerman
http://upload.wikimedia.org/

4. Tempat Sampah Untuk Membuang Gelas atau Altglas

 Tempat sampah ini tidak disediakan di setiap rumah tangga, melainkan di suatu tempat khusus yang tersedia di setiap Landkreis atau area pusat. Biasanya orang Jerman akan mengumpulkan botol-botol bekas di rumahnya terlebih dahulu dan jika sudah penuh mereka akan membuangnya di pusat pembuangan sampah botol bekas. Sebelum membuangnya di pusat, mereka pun akan memisahkan sampah gelas berdasarkan warnanya, yaitu putih, hijau dan cokelat. Adapun jenis sampah tersebut adalah botol minuman, gelas-gelas selai maupun sampah gelas lainnya. Gambar di samping adalah gambar pusat pembuangan sampah gelas.

Altglascontainer, tempat membuang sampah gelas di jerman
http://www.gablenberger-klaus.de/

5. Sampah Pakaian Bekas atau Alte Kleider

 Orang Jerman pun membuang pakaina bekas mereka tidak sembarangan. Ada suatu box khusus yang disediakan untuk membuang baju bekas. Baju-baju yang masih layak pakai, biasanya akan disumbangkan bagi para pengemis, terutama jaket tebal agar mereka tidak kedinginan pada saat musim dingin atau Winter.

6. Sampah Botol atau Pfandflasche.

mengenai sampah botol pernah saya bahas di sini

sistem pengambilan sampah oleh pusatnya tergantung jadwal yang sudah dibuat. Misalnya minggu ini (biasanya penjemputan diadakan hari jum’at atau sabtu) akan diambil tong sampah berwarna cokelat maka pemilik rumah harus mgeluarkan tong sampahnya ke pinggir jalan.

semoga saja pemerintah Indonesia bisa terinspirasi dan mulai membuat sistem pengolahan sampah yang lebih baik seperti di Jerman dan ibu-ibu rumah tangga pun dapat mulai memilah sampah rumah tangga sendiri. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s