Bagaimana Cara Penggunaan Mesin Cuci Piring atau Spülmaschiene

Apa sih mesin cuci piring itu? Bagaimana bentuknya? Bagaimana system kerja mesin pencuci piring di Jerman?

Hal yang sangat wajar, jika kalian belum mengetahui apa itu mesin pencuci piring, karena kita sebagai masyarakat Indonesia tidak mengenal mesin pencuci piring. Itu merupakan hal yang baru untuk kita. Mesin pencuci piring atau Spülmaschiene merupakan alat elektronik standar yang ada di Jerman. Jika kalian mengunjungi rumah-rumah orang Jerman, dan memasuki dapur, kalian akan melihat sebuah benda asing berbentuk kotak, mirip dengan mesin cuci baju. Kira-kira seperti inilah bentuknya.

mesin pencuci piring di Jerman
http://www.miele.de/

Jika kalian mengintip dapur orang Jerman, kalian akan menemui sebuah kitchen set yang rapi. Saya pun sangat senang memasak di sana, sangat tersusun rapi dan tidak berdebu atau berminyak. Karena mereka sangat teratur, siapa saja yang selesai memasak, wajib merapikannya kembali. Seperti Mesin pencuci piring ini, jika selesai digunakan, mereka akan menutupnya kembali dan akan terlihat rapi.

Penggunaannya pun sangat mudah. Jika kalian memiliki piring, gelas, sendok atau alat makan lainnya yang kotor, kalian hanya perlu memasukkan ke dalam mesin pencuci piring. Justru orang Jerman akan merasa tidak senang, jika kalian berinisiatif mencucinya secara manual. Karena penggunaan air yang sangat hemat. Penggunaan mesin pencuci piring pun dengan alasan penghematan air. Berikut cara memasukkan alat-alat makan.

mesin pencuci piring di Jerman
http://sz-magazin.sueddeutsche.de/

Penataan alat makan kotor juga perlu diperhatikan. Penataannya harus rapi, karena jika tidak, alat makan tersebut tidak akan bersih sampai tuntas.

mesin pencuci piring di Jerman
http://bilder.t-online.de/

Terakhir, masukan bahan pencuci piring ke tempatnya, kemudian tekan tombol power. Kemudian mesin akan menyala selama kurang lebih 2 jam. Ketika dibuka semua alat makan yang sebelumnya kotor akan bersih. Tapi hati-hati! Jangan langsung dikeluarkan. Karena piring atau alat makan lainnya yang baru selesai dicuci akan sangat panas jika disentuh. Satu lagi, tidak semua alat makan bisa dicuci dengan mesin pencuci piring ini, maka harus diperhatikan juga, alat makan yang tidak boleh dimasukkan.

semoga bermanfaat! 🙂

Advertisements

One thought on “Bagaimana Cara Penggunaan Mesin Cuci Piring atau Spülmaschiene

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s