Bagaimana Cara Menggunakan Mesin Cuci Pakaian atau Waschmaschiene di Jerman?

Bagaimana cara mencuci baju di Jerman?

Mencuci baju di Jerman sangat mudah. Mengapa? Karena mesin cuci di sana sangat mempermudah pekerjaan manusia. Anda tidak perlu membilas pakaian, karena dengan mesin cuci pakaian di sana sudah otomatis membilas pakaian. Selain itu, mereka juga memiliki mesin pengering pakaian. Dengan mesin pengering pakaian ini, pakaian tidak perlu lagi dijemur. Karena pakaian akan benar-benar kering.

Tetapi penggunaan listrik untuk pengering pakaian sangat mahal. Oleh karena itu, mereka akan tetap menjemur pakaian mereka seperti biasanya pada musim panas atau Sommer. Berikut mesin cuci pakaian yang biasa dipakai orang Jerman dan mesin pengeringnya.

mesin cuci di Jerman
http://www.lgblog.de/

Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencuci pakaian. Sebelum mencuci, orang Jerman biasanya memisahkan jenis pakaian mereka berdasarkan suhu dan warna. Misalnya, mereka akan memisahkan pakaian berwarna dan putih. Penggunaan detergen pun perlu diperhatikan apakah detergen tersebut untuk pakaian berwarna, pakaian putih, pakaian berbahan wol.

Pemisahan pakaian berdasarkan suhu.

Sebelum mencuci pakaian, orang Jerman akan memisahkan pakaian berdasarkan suhu. Apakah pakaian tersebut menggunakan bahan dengan suhu 40° atau 60°. Bagaimana cara mengetahui apakah pakaian tersebut menggunakan suhu 40° atau 60°.

mencuci pakaian di Jerman
http://pusatlabelbaju.com/

Kalian pasti pernah melihat di belakang baju ada label seperti ini. Saat kita di Indonesia, mungkin kita tidak terlalu menganggap label tersebut penting.  Tapi ternyata ada manfaatnya loh.

Perhatikan lambing 40° berarti pakaian tersebut berbahan khusus dan harus dicuci dengan menggunakan suhu 40°. Bagaimana jika dimasukan ke dalam suhu 60°? Jangan coba-coba, karena yang terjadi adalah pakaian akan mengerucut atau ukuran menjadi lebih kecil dari ukuran sebelumnya.

Berikut jenis pakaian yang harus dicuci dengan menggunakan suhu 40°: kaos-kaos, celana bahan, jilbab atau lainnya selain berbahan jeans.

Pakaian yang harus dicuci dengan menggunakan suhu 60° adalah pakaian dalam, handuk, kain washlap.

http://hijaberszone.com/
http://hijaberszone.com/

Kalian juga harus memperhatikan apakah pakaian tersebut boleh dimasukkan ke dalam mesin pengering atau tidak. Perhatikan lambing di pojok kanan atas. Lambing tersebut berarti pakaian tersebut tidak boleh dimasukkan ke dalam mesin pengering.

Kira-kira begitulah. Tidak hanya soal sampah yang dipisahkan secara detail, mencuci pakaian juga detail.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s