“Pfandflasche”, Jangan Dibuang Botolnya!

16. Februari 2014

Saat itu sedang weekend, saya berkunjung ke salah satu teman saya di daerah Bad Soden, dekat Frankfurt. Begitu tiba, kami mampir sebentar ke salah satu supermarket terdekat. Kami membeli cemilan-cemilan beserta minuman untuk bekal piknik ke Nürnberg dan Heidelberg.

Saat sedang menghitung belanjaan, ada lebih 25 cent. Kemudian saya bertanya, “25 cent itu untuk bayar apa ya?” Kemudian teman saya menjelaskan bahwa botol minuman yang kami beli merupakan botol Pfandflasche.

Pfandflasche jika diartikan ke dalam bahasa Inggris, artinya “returnable bottle” atau botol yang dapat dikembalikan. maksudnya? Misalnya, kamu membeli sebuah minuman yang berlogo “Pfandflasche , harga minuman tersebut sebenarnya hanya 1,25€, kemudian karena botol ini Pfandflasche, maka botol tersebut dihargai seharga 25cent. Jadi anda harus membayar minuman tersebut seharga 1,50€

.

image
Ini lambang Pfandflaschenya http://www.aldi-nord.de/

image
https://larryluca.files.wordpress.com/

Jadi 25 cent tersebut, bisa ditukar kembali menjadi uang, jika anda mengembalikan botolnya ke supermarket. Dengan system seperti itulah pemerintah di negara Jerman menjaga lingkungan atau “Umwelschutz”. Tentu saja 25 cent dikembalikan tidak dalam bentuk uang.
Lalu bagaimana system pengembalian uangnya?

image
Mesin Pfandflasche http://www.kaleidos.de/

Gambar di atas adalah mesin pengembalian botolnya. Jadi botolnya dimasukan ke lubang seperti di gambar, nah jika sudah selesai tekan tombol ok dan akan keluar Zettel atau secarik kertas, seperti dalam mesin atm.
Nah ini kira-kira gambar Zettel nya

image
http://farm2.static.flickr.com/ Pfandflasche einlösen

Di Zettel tersebut, seseorang menukarkan 41 botol seharga 10,25€. Jadi, ketika membayar belanjaan di kasir nanti, total harga akan dikurangi sebesar penukarannya.

Satu lagi, besar harga botolnya tidak selalu 25 cent, harganya bervariasi. Ada juga yang sebesar 15 cent atau 19 cent. Maka jangan heran ya, jika kalian melihat pemandangan tumpukan botol di rumah orang Jerman. Karena botol pun berharga di sana 😀

Bahkan, ada beberapa orang yang bekerja sampingan dengan mengumpulkan botol-botol loh. Kan lumayan, semacam pemulung di sini ya :D.
Tentu saja, tidak semua orang ingin mengumpulkan. Ada juga sekelompok orang yang menganggap 25 cent tidak terlalu berharga dan dia membuangnya di tempat sampah.

Leave a comment!

Advertisements

One thought on ““Pfandflasche”, Jangan Dibuang Botolnya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s