Mencoba Menjawab Pertanyaan Pembaca

Halloo!!!
Banyak email yang masuk dan bertanya soal Aupair. Karena kebanyakan dari mereka bertanya mengenai hal yang sama, kemudian gue berpikir untuk membuat soal tanya jawab. Semoga membantu!

1. Bagaimana Cara mendapatkan Gastfamilie?
Untuk bisa mendapatkan Gastfamilie ada 3 alternatif. Pertama bisa dari rekomendasi teman, kedua mendaftarkan diri melalui situs http://aupair-world.net, dan yang ketiga melalui agen penyalur.

Rekomendasi dari teman, maksudnya adalah, kalian punya teman dan pernah menjadi aupair di satu keluarga, kemudian keluarga ini mencari aupair pengganti (karena masa berlaku kerja sudah habis). Kemudian kalian bisa langsung berkirim email.

Melalui situs http://aupair-world.net. Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mendaftarkan profil diri anda melalui website tersebut, buatlah profil semenarik mungkin sehingga calon keluarga asuh akan tertarik, dan pasang foto yang merepresentasikan bahwa kalian mencintai anak-anak. Setelah mendaftar, kalian harus melamar ke calon keluarga asuh. Kirimlah sebanyak mungkin, kemungkinan mereka akan tertarik melihat profilmu. Dan rajin-rajin mengecek profil kalian, siapa tahu ada positif reply dari calon keluarga asuh.

Melalui agen, banyak juga agen-agen yang menawarkan jasa penyalur aupair. Untuk agen ini biasanya menyediakan jasa kursus bahasa Jerman juga. Tentunya kalian juga harus menyiapkan budget tertentu.

Nah, sekarang tinggal pilih mau pilih jalan yang mana.

2. Dokumen Apa Saja yang Harus Disiapkan Untuk Mengajukan Visa Aupair?

Untuk mengajukan visa aupair, kalian membutuhkan dokumen sebagai berikut:

a. Sertifikat Bahasa Jerman Goethe A1
Pengetahuan bahasa Jerman dasar sangat dibutuhkan oleh calon keluarga asuh, demi kelangsungan komunikasi antara gastfamilie dan aupair. Oleh karena itu dibutuhkan sertifikat bahasa Jerman Goethe A1. FYI, menurut berita yang saya dengar ada kemungkinan dibutuhkan sertifikat B1, menurut peraturan baru. Kalian bisa chek di website kedubes Jerman.

b. Surat Motivasi
Kalian diharuskan membuat surat motivasi yang menerangkan mengapa kalian ingin menjadi aupair di Jerman.

c. Kontrak kerja dan surat undangan dari keluarga asuh
Dua dokumen penting ini harus kalian dapatkan dari calon keluarga asuh. Surat ini harus dalam bentuk asli. Biasanya calon keluarga asuh mengirimkan dokumen tersebut melalui pos ataupun melalui email dengan cara di-scan. Melalui pos berlangsung lama tentunya bisa sekitar 2 minggu.

d. Foto close up
Untuk ukuran foto close up, biasanya tidak sama dengan ukuran foto di tempat foto biasanya. Carilah tempat foto yang memang sudah mendapat rekomendasi dari kedubes langsung. Ada aturan tertentu, seperti 80% wajah kita tersorot, telinga diperlihatkan. Bagi yang mengenakan jilbab tidak diharuskan memperlihatkan telinga.

e. Biaya administrasi sebesar 80€
f. Mengisi formulir dari kedubes
Formulir bisa kalian download di sini http://www.jakarta.diplo.de/Vertretung/jakarta/id/01_20Visa/03national/aupair.html

Jika persyaratan sudah lengkap, kemungkinan visa ditolak sangat tipis. Maka dari itu, persiapkanlah semua persyaratan secara lengkap, sebelum mengajukan visa. Karena resiko ditolak visa sangat besar diantaranya kalian tidak akan bisa mendapatkan uang anda kembali, jika visa anda ditolak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s