Soal Toleransi Beragama di Jerman

Ada satu orang teman saya yang bertanya, berhubung saya berjilbab, dia menanyakan, bagaimana soal toleransi beragama disana? atau masalah saya berjilbab di sini?

Begini jawabannya:
Waktu pertama datang ke Jerman saya agak takut juga. Pernah baca suatu berita kalau orang Jerman masih agak rasis dengan wanita berjilbab. Bahkan saya dengar di kota München masih ada sekelompok orang yang suka membully wanita berjilbab hingga meludahinya.

hmmm… agak serem juga dengernya. Tapi gak semua orang Jerman seperti itu. Saya beruntung bisa diterima di keluarga yang memperbolehkan saya untuk mengenakan jilbab. Mereka juga memberi saya kesempatan untuk menunaikan ibadah shalat, jika tiba waktunya. Yaa,,, cuma sekitar 5 menit, das ist kein großes Problem (ga masalah).

Pasti weird rasanya, orang-orang di jalan ngeliatin. Karena di sini masih sangat jarang wanita berjilbab.

Bagaimana Soal makanan halal?
Tidak seperti kemasan makanan di Indonesia yang berlabel halal. Di sini ga ada kayak begituan. Jadi setiap membeli makanan saya selalu membaca komposisinya terlebih dahulu, apakah makanan tersebut mengandung bahan-bahan yang diharamkan, seperti babi, gelatin, atau pork.

Pernah suatu hari, gue sama teman bener2 lupa buat baca dengan komposisinya dan ternyata yang kami makan itu adalah sosis dari babi, kemudian kami tidak melanjutkan untuk memakannya.

Jadi kalau lagi di jalan, cari aman beli Dönner atau kebab ajalah.

Soal Ramadhan
Ramadhan tahun ini rasanya gue ngejalaninnya kurang hikmat. Kebetulan di sini lagi musim Sommer jadi matahari bersinarnya agak lebih lama. Adzan Maghrib berkumandang pukul 21.30an, kebayang kan harus puasa 18 jam atau lebih. Nah, akibatnya Isya jatuh pukul 23.30an. Rasanya udah ngantuk banget kalau harus tarawih juga. 😦

Gastmutti gue kadang ga tega liat gue harus puasa lebih dari 18 jam. Dia takut gue kena dehidrasi, karena ga minum dalam waktu yang lama itu bisa bahaya. Tapi Alhamdulillah bisa juga ngelewatinnya.

Tapi walaupun di sini panas, anginnya kadang dingin, jadi ngejalanin puasanya ga terlalu berat 🙂

Soal Lebaran
Lebaran tahun ini rasanya sedih banget, pertama kali ngerasain lebaran ga bareng-bareng sama keluarga besar, makan ketupat, opor dan rendang. Bagi-bagi sedikit rejeki sama keponakan-keponakan yang masih kecil-kecil. aaahhh.. pokoknya beda bangetlah….

Sebelum berangkat ke KJRI Frankfurt am Main, gue teleponan dulu sama keluarga. Sedihnya banget-banget. Sampe di KJRI, ketemu banyak orang Indonesia. Semua ngerasa senasib 🙂

Leave a Reply

