Ini Dia Beberapa Hal yang Akan Kamu Alami Kalau Kamu Tinggal di Jerman

Tinggal di negara lain. Banyak hal yang akan kamu alami jika kamu tinggal di negara lain. Faktor perbedaan budaya bisa jadi membuat anda mengalami Geger Budaya atau yang sering disebut dengan Kulturschock. Saya belum lama tinggal di Jerman, baru sekitar 7 bulan, tetapi saya banyak mengalami Kulturschock.

1. Tepat Waktu

Orang Jerman sangat terkenal dengan ketepatan waktunya. Dimulai dari Kendaraan umum yang sudah mempunyai jadwalnya masing-masing, hingga jadwal termin yang tepat waktu.
Bagi orang Jerman, waktu adalah uang. Mereka sangat memanfaatkan waktu yang ada, jarang sekali saya melihat orang Jerman bersantai-santai saat akhir pekan. Mereka mempergunakan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya entah untuk berolahraga atau merapikan kebun mereka.

image
http://www.elternwissen.com/fileadmin/content/magazin/foerdern-mit-spass/Foerderspiele/tr%C3%B6deln_p%C3%BCnktlich.jpg

2. Sangat Terbuka

Orang Jerman sangat terbuka, apabila ada suatu masalah, mereka cenderung mengatakan langsung masalah yang mengganjal. Mereka jarang sekali menutupi atau memendam masalah yang mereka punya. “Jadi, jangan heran atau sakit hati kalau tiba-tiba ditegur karena salah dalam melakukan pekerjaan”

3. Sangat Diplomatis

Hal yang paling membuat saya terkejut adalah segala hal harus diplomatis. Misalnya saja, anak saya ingin bermain ke rumah tetangga. Saya tidak boleh tiba-tiba datang dan membunyikan bel, lalu mengajak anaknya bermain. Sebelum datang, mereka harus membuat Termin atau janji terlebih dahulu. Jika tidak, akan dianggap kurang sopan.

4. Kesehatan yang Paling Utama

Di Jerman banyak sekali di jual bahan makanan berlabel “Bio” atau di Indonesia disebut dengan organic, bahan makanan yang ditanam tanpa menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya. Orang Jerman sadar akan pentingnya kesehatan, mereka cenderung membeli bahan makanan bio meskipun harganta 3 x lebih mahal daripada bahan makanan non-bio. Tetapi ini tidak menjadi patokan bahwa semua orang Jerman seperti itu, tentu saja ada juga yang tidak peduli dengan makanan bio.

image
http://thumbs.dreamstime.com/x/bio-design-leaves-9901910.jpg

5. Laki-laki di Jerman Suka Memasak

Tidak seperti di Indonesia, laki-laki di Jerman gemar memasak. Mereka tidak malu, bahkan sangat bangga jika mereka bisa memasak. Belakangan ini menjadi trend. Tidak seperti di Indonesia, melulu wanita yang harus memasak. Di Jerman mereka membagi tugas dalam pekerjaan rumah tangga.

6. Bermain di Luar

Bermain di luar saat cuaca cerah adalah suatu kewajiban bagi orang Jerman. Sinar matahari merupakan hal yang sangat berharga bagi orang Jerman, karena  cuaca di Jerman cenderung dingin. Maka, saat Sommerzeit atau waktu musim panas adalah waktu yang paling tepat untuk berlibur. Jangan heran jika anda tiba-tiba melintasi sungai atau pantai, kemudian melihat orang berjemur tanpa memakai baju atau hanya memakai bikini.

image
Sommer http://3.bp.blogspot.com/-D4JKdy3M3YY/Txapn-aFhdI/AAAAAAAAAPc/P4OK55jK5uo/s1600/sommer-desktop-landscape-wallpaper.jpg

7. Pemisahan Sampah

Orang Jerman memisahkan sampah dalam beberapa kategori.
a. Sampah plastik dan Packung seperti kemasan makanan atau minuman (dimasukan ke dalam gelbe Sacke atau kantong kuning),
b. Restmüll atau sampah sisa seperti sisa makanan (dimasukan ke dalam schwarze Mülltone atau tong sampah hitam)
c. Sampah kertas (dimasukan ke dalam blaue Mülltone atau tong sampah biru)
d. Bio Müll seperti sampah-sampah sayuran atau buah-buahan (dimasukan ke dalam braune Mülltone atau tong sampah cokelat)
e. sampah gelas, seperti gelas Marmelade atau sirup.

Kebayang kan, betapa detailnya mereka dalam memisahkan sampah.

image
Tong sampah http://de.m.wikipedia.org/wiki/Gelber_Sack
image
Gelbe Sack http://de.m.wikipedia.org/wiki/Gelber_Sack

8. Sangat Irit

Air dipergunakan sangat baik di Jerman. Air di Jerman juga mahal, karena proses penyaringannya yang sangat baik, hingga bisa diminum langsung. Maka dari itu mereka menggunakan air seefisien mungkin. Tidak seperti di Indonesia, orang-orang mandi hingga 2 x dalam sehari, di Jerman orang-orang mandi setiap 2 sampai 3 hari. Begitu juga dengan listrik, mereka menggunakan listrik dengan sangat efisien. Mereka mematikan lampu di ruangan yang tidak terpakai.

Advertisements

8 thoughts on “Ini Dia Beberapa Hal yang Akan Kamu Alami Kalau Kamu Tinggal di Jerman

  1. Dear Etha..aq tertarik baca laman kamu..komplit dengan foto otentiknya ,tpi ada sedikit yg mau q tambahin/koreksi di point ke- 8 : ” Tidak seperti di Indonesia,orang” mandi 2 X dalam sehari,di Jerman orang” mandi setiap 2 – 3 hari..Ini bukan irit,tapi krna di Jerman memiliki musim Dhuingiin scheukailiii , maka konon cerita mereka mandi setiap 2 – 3 hari dimusim ini , tapi tentunya di Jerman juga ada musim panas , bahasa kerennya Summertime,nah suasana niey nda ada bedanya dgn dinegara Tropik dianjurkan mandi 2 X dalam sehari ,nda kebayang aroma yang terpancar klo mereka mandi setiap 2 – 3 hari . ” Salam Damai Dari tisu toilet ” hehehe , jadi soal mandi kayanya bukan karna irit..tapi lebih ke cuaca yang mendominasi…q tunggu info selanjutnya:):):)..Salam Super 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s