Trip Berlin Hari Pertama

25. April 2014

Dari tanggal 21 kemaren gw dapet libur Ostern atau paskah, hari disaat Yesus disalib. Selama satu minngu dapet jatah libur, tapi sayangnya temen-temen lain ga dapet jatah libur, selain Wochenende alias weekend.

fix ngerencanain jalan 3 hari 2 malam ke Berlin. Ini rencana sebenernya dadakan banget. Ika yang baru 2 Minggu di Jerman ngajak jalan-jalan. Yaudah berhubung gw juga mau ngisi waktu libur. Jadilah kita rencanakan jalan. Awalnya agak susah juga, karena ika belum pernah naik kereta di Jerman. Gw jelasin panjang lebar blablabla akhirnya dia berani dan fix kita janjian di Frankfurt am Main Hauptbahnhof pukul 21.30.

Ko malem banget? Iya kita sengaja ambil kereta malem juggijaggijuggijaggijug 00.32. Biar bisa sampe Berlin pagi atau siang. Begitu sampe stasiun kami berdua nyari wifi biar ga bete.

image
nyari wifi

Ga terasa dari pukul 22.00 sampe 00.32 kami ngobrol panjang lebar, akhirnya kereta yang ditunggu dateng juga. Oh ya, kami pake tiket Schönes-Wochenende-Ticket atau tiket happy weekend gitu. Ini tiket Angebot atau penawaran gitu, harganya 44€ bisa untuk grup sampe 5 orang. Jadi karena kami cuma berdua, ya harus dibagi 2 deh. Kami harus bayar 22€ perorang. Mahal? kalau di kurs ke rupiah emang pasti mahal. Tapi gw udah ngecek, itu beneran murah. Kalau pake tiket biasa, perorang harus bayar 76€ dan itupun baru sampai stasiun utama Berlinnya aja, sampe di Berlin harus bayar bus lagi. Tapi dengan SWE ga perlu plusplus lagi.

00.32-01.59

Tengah malem kami berangkat naik kereta tujuan Marburg(Lahn). Ngantuk berat. Udah pasti. Ada kejadian menyebalkan waktu kami naik kereta tujuan Marburg (Lahn). Begitu naik kereta, gw pergi sebentar ke toilet, begitu balik lagi, ada seorang Afrikaner dengan pedenya duduk diantara kami. Kami ambil bangku yang bisa untuk berempat gitu. Sebenernya ga papa juga sih kalo dia mau duduk diantara kami. Tapi tolong jangan ganggu gitu juga kali, nyetel musik kenceng2 NORAK

Awalnya mencoba untuk nerimo aja, tapi lama-kelamaan jadi ga bisa tidur. Akhirnya kami memutuskan untuk pindah ke belakang. dengan pura-pura turun :p

01.59 – 04.09

Akhirnya kami sampe juga di Marburg(Lahn). Di sini kami harus transit lagi ke Kassel Hbf. Perhatiin deh jeda waktunya, Kami harus nunggu kereta 2 jam lebih 😦 dingin brrrrr

06.05 – 08.03 Kassel Hbf-Sangerhausen

Transit lagi? iya. kami harus transit 5x. cape ya bok. gapapa demi jalan2 harus berjuang. Di sini ada kejadian nyebelin lagi. hmmff lagi2 sama Afrikaner. 😐
Tiba-tiba ada Afrikaner dateng en ngajakin kenalan. pfffttt dengan pedenya dia nanya nomor hp, facebook, atau email. ye keleeuuss
siape elu. huuh… ngajakin ngobrol mulu lagi, ga berenti2. Hey, kita mau tidur tauuu
bahkan kami bilang kalo kami udah menikah, dia tetep ga percaya, dia bilang gini, “Saya bukan pengen cari pacar, tapi saya cuma pengen jadi temen aja kok. just friens. hmmmm kemudian kami menjuliki dia sebagai “Schwarze Geist” a.k.a Setan Hitam :p

Yaudahlah ya, pasang headset, pura-pura tidur deh. It works.
pesan moral: Kalo diajak kenalan, jangan kasih nama asli. pasang headset pura-pura dengerin musik.

11.49 Berlin Hbf

juhuuu… sampe juga di tempat tujuan. Berlin Hauptbahnhof a.k.a Berlin Main Station.
Guedenya bukan maen, banyak toko2, like a mall.
Sampe sini kami kalap. Belanja2 souvernir. Souvernirnya lucu2.

image

image

image

image
foto-foto di depan Berlin Hbf

Sampai di Berlin Hbf, kami kelelahan. Akhirnya kami memutuskan untuk istirahat dulu. Oh iya, di sini kami ga pesen hotel loh. Untungnya Ika punya murid yang tinggal di sini. Kami nginep 1 malam di sini, tepatnya di Bellevue. istirahat sejenak, baru lanjutin trip sorenya.

Setelah istirahat sekitar 2 jam, kami lanjut sigthseeing Berlin. Tujuan pertama adalah Kürfurstendamm atau sering disingkat Kudamm. Yang ada dipikiran gw adalah, “Dulu gw denger Ku’damm cuma dari buku, sekarang gw bisa liat sendiri, apa itu Ku’damm”.
Ku’damm adalah pusat perbelanjaan paling terkenal di Berlin. Bisa dibilang ini sejenis Times Square di New York kali ya.
image

image
ini dia Foto Beatrix, yang udah ngasih kita tumpangan. danke schön

Ga jauh dari Ku’damm ada gereja yang terkenal di Berlin. Namanya Gedächtniskirche. Atap dari gereja ini sengaja ga direnovasi, sebagai memorial waktu jaman perang dunia ke-2 di Jerman. Ya, atap gereja ini dulunya rusak karena bom dari sekutu.

image
Foto deket Gedächtniskirche

26. April 2014
Lanjut perjalanan, kami naik bus 100. Bus bertingkat yang membawa kami keliling-keliling Berlin. Kami duduk di deretan atas, tapi sayangnya kurang cepet buat dapet deretan depan.

image
http://upload.wikimedia.org/ ini bus yang membawa kami keliling Berlin

image
take a picture pliss

Tujuan terakhir bus ini adalah Postdamer Platz. Ga jauh dari Postdamerplatz, kami jalan kaki ke Alexander Platz.
image

image

di sini banyak penjual yang unik-unik. Contohnya penjual sosis ini.

image
itu kompor loh yang ada di badannya

ada juga Lebkuchen.
image

dan topi-topi jaman perang dunia ke-2 gitu.

image
kalo liat ini, jadi inget pasar Jatinegara :p

image
souvernir-souvernir

image
rodeo

Ada Rodeo juga, yang mau ikutan harus bayar 2€.

Lanjut jalan ke Weltzeituhr. Apa itu Weltzeituhr?
Weltzeituhr adalah sebuah jam raksasa, yang menunjukkan waktu setempat di seluruh dunia.
image

image

kami melanjutkan perjalanan ke Postdamer Platz. Di sana ada sisa-sisa tembok Berlin yang dijadikan memorial place.
image
yang lucu di sini, adalah adanya orang yang kurang kerjaan nempelin permen karet di tembok. haduuh gengges.
image
Di Postdamer Platz ini ada lift tercepat di dunia.

26. April 2014, 20:19
Brandenburger Tor

Brandenburger Tor, sebuah gerbang saksi penyatuan kembalinya Jerman Barat dan Jerman Timur. Kalo ke Berlin belum liat Brandenburger Tor, rasanya kurang afdol. yap. Brandenburger Tor dulunya adalah tempat berkumpulnya masyarakat Jerman, waktu tembok Berlin diruntuhkan. Semua masyarakat Jerman kumpul di sini, untuk merayakan “Vereinigung des Deutschland” penyatuan kembali Jerman.

Brandenburger Tor menjadi tujuan terakhir kami hari ini. Karena, kami pengen liat Brandenburger Tor malam hari. 🙂
Begitu lihat, rasanya seneng banget. Dulu zaman SMA, gambarnya cuma ada di Buku Kontakte Deutsch, sekarang ada di depan mata. Syukur Alhamdulillah 🙂

image
Brandenburger Tor

image
taraaammm

sampai di sini dulu, karena besok masih ada cerita yang lebih seru tentang Berlin. “Lass dich überraschen!”..

Advertisements

4 thoughts on “Trip Berlin Hari Pertama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s