Cara Naik Bus atau Kereta di Jerman

Ini berisi panduan untuk para pendatang di Jerman. Jujur, saat pertama kali menginjakan kaki di Jerman saya tidak tahu apa-apa. Bagaimana cara naik bus atau kereta di Jerman. Yang paling penting di sini, kereta dan bus di Jerman sudah memiliki jadwal keberangkatan masing-masing dan itu selalu akurat, ya walaupun kadang suka terlambat juga 🙂

Cara Naik Bus di Jerman

Dimana seseorang harus naik bus?

Jika anda ingin naik bus di Jerman, anda harus menunggu bus di halte-halte pemberhentian bus. Halte di sini tidak selalu tersedia tempat duduk atau beratap. Kadang halte bus di Jerman hanya berupa lambang saja. Ini dia lambang halte bus di Jerman.

image
ini salah satu contoh halte bus tanpa atap
image
dan ini halte bus beratap

Sebagai intinya, jika anda ingin naik bus di Jerman, carilah halte bus terdekat. Halte bus berlambang H dengan bundaran kuning.

Bus di Jerman selalu datang tepat waktu. Jadi, jika anda berencana pergi ke suatu tempat, sebaiknya anda mengecek jadwal keberangkatan busnya. Saya sarankan untuk mendownload applikasi DB(Deutsche Bahn), bisa di download di Iphone, Android, atau Blackberry. Atau bisa juga buka webnya di http://www.bahn.de/

Sebagai saran tambahan, di sini seseorang harus terbiasa dengan arah jalannya kendaraan. Di indonesia kendaraan berjalan dari arah kiri, sementara di Jerman, kendaraan berjalan dari arah kanan. Hal Ini sangat penting, mengapa? Pernah suatu hari, saya menunggu bus dengan arah yang salah dan saat kejadian itu sudah malam, Akibatnya saya salah naik jurusan dan ketinggalan bus terakhir 😦

2.Bagaimana Cara Membeli Tiketnya?

Tiket bus bisa dibeli langsung di supir atau bisa juga di mesin tiket kereta atau Automat. Hal yang perlu anda lakukan adalah menyebutkan nama kota tujuan anda. Anda bisa membeli tiket untuk sekali jalan (Einzelfahrt), tiket harian (Tageskarte), tiket bulanan (Monatskarte) atau tiket tahunan (Jahreskarte).
Tips: dengan membeli Tageskarte atau Monatskarte, anda akan dapat lebih menghemat biaya transportasi. Tetapi jika anda tidak sering berpergian, sebaiknya anda membeli tiket harian saja. Ini contoh bentuk tiketnya.

image image

  1. Bagaimana Jika Seseorang Tidak Memiliki Tiket?

Seseorang yang naik bus/kereta dengan tidak membawa tiket disebut “Schwarzfahrer”/penumpang gelap dan jika saat dilakukan pemeriksaan, ia tidak bisa menunjukkan tiket yang berlaku, ia bisa didenda sebesar 40€. Sangat mahal 😦 Mengenai Schwarzfahrer saya pernah membahasnya di sini

Jadi saya sarankan, jadilah penumpang yang teladan ya. Karena jika anda tertangkap basah menjadi penumpang gelap, mau tidak mau anda harus membayar denda, bahkan bisa sampai di black list dari Jerman.
Tips: jadilah warga negara asing yang baik.

Bus di desa datang setiap 1 jam sekali, tetapi bus di kota besar datang setiap 15 menit sekali. Oleh karena itu, sebelum berangkat sebaiknya anda memeriksa terlebih dahulu jadwal keberangkatan bus atau kereta.

Cara Naik Kereta di Jerman

Bagaimana cara memeriksa jadwal kereta?

Naik kereta di Jerman tidak jauh berbeda dengan naik bus di Jerman. Sama-sama harus memiliki tiket yang berlaku, harus memeriksa jadwal keberangkatan dan harus menunggu di stasiun. Begini cara memeriksa jadwal keberangkatan kereta.

Misalnya anda berangkat dari Frankfurt am Main ke Bad Vilbel. Anda hanya perlu mengetik kota asal dan kota tujuan. klik search, kemudian akan muncul tampilan seperti gambar di bawah.

image
misalnya keberangkatan dari Frankfurt ke Bad Vilbel

Misalnya keberangkatan dari Frankfurt am Main ke Bad Vilbel. Ketik aja kota asal dan kota tujuan. klik search, akan muncul

tampilan kayak gini. image pilih salah satu, misalkan ambil keberangkatan 06.34 image

saat berada di stasiun Frankfurt am Main anda harus menunggu kereta di Pl.104 yang artinya jalur 104. Anda harus menunggu kereta S6 tujuan Friedberg(Hess) dengan keberangkatan pukul 06.34
Terkadang kereta sudah tiba di stasiun, jadi anda bisa langsung masuk ke dalam kereta, namun kereta akan tetap berangkat pukul 06.34.

Pukul 06.52 kereta tiba di kota Bad Vilbel dan berada di jalur 7 (Pl.7). Dan berarti anda harus transit di Bad Vilbel dari jalur 7 menuju ke jalur 5. Di jalur 5, kereta RB15504 berangkat jam 07.08 dan sampai di stasiun Bad Vilbel Gronou pada pukul 07.12.

  1. Bagaimana Cara Membeli Tiket Kereta Di Automat?

Membeli tiket kereta di Jerman dapat dilakukan di mesin penjual tiket kereta (Automat). Pertama-tama yang harus disiapkan adalah uang tunai atau bisa juga kartu debit. Uang yang bisa dipakai adalah uang pecahan 10€ atau 5€ dan koin cent. Pernah suatu ketika saya mencoba menggunakan uang pecahan 50€ dan ternyata tidak bisa. Berikut adalah contoh Automat yang ada di stasiun.

image
canggih ya

pertama-tama klik “Ortsname Angabe” / tempat tujuan.

pojok kanan, langsung ketik nama kota tujuan. Misalkan anda beli tiket di Frankfurt am Main Bahnhof, berarti keberagkatan dari Frankfurt.

image

pojok kanan, langsung ketik nama kota tujuan. Misalkan anda beli tiket di Frankfurt am Main Bahnhof, berarti keberamgkatan dari Frankfurt. Lalu pilih jenis kartunya Einzelfahrt, Tageskarte, atau Gruppentageskarte, dll.

image

jangan lupa pilih untuk Erwachsene/dewasa atau untuk Kinder/anak-anak. kemudian mucul harga yang harus di bayar. image

di sini tertera 2,40€. berarti anda harus membayar tiket seharga 2,40€. Jangan takut, jika anda memasukan uang pecahan 5€, nanti ada uang kembaliannya kok.

semoga bermanfaat!

Advertisements

10 thoughts on “Cara Naik Bus atau Kereta di Jerman

  1. hi etha, boleh nanya ya 🙂 saya rencana mau ke jerman bulan depan, kalau bus itu bisa beli on the spot ga si? kalau jarak2 dekat? atau harus beli jauh2 hari? rencananya mau keliling di sekitar cologne, dusseldorf, cuma masih belum fix ittinerarry nya, makasih ya..

    1. Hallo Alya, bisa saja, tapi harganya biasanya lebih Mahal dan kemungkinan tempatnya sudah reserved. Kalau hanya ke kota2 yang berdekatan seperti itu sih. Pakai kereta juga tidak apa2.

  2. Hallo Etha,

    Terimakasih atas artikelnya sangat membantu, saya kebetulan minggu ini berangkat ke Ismaning, ada meeting perusahaan seminggu. Ini pengalaman pertama saya ke Jerman, jadi sangat terbantu juga mengenai info dari artikel kamu terutama kehidupan muslim, kondisi puasa dan transportasi.

    Kamu ada kenalan / link komunitas org Indonesia / komunitas muslim di sekitar Ismaning / kota sekitarnya? Jika ada mungkin bisa di share ke email saya (msidiqfanani@gmail.com). Atasan dan rekan kerja saya kebetulan non muslim jadi saya harus cari kenalan disana buat jalanin ibadah bareng.

    Semoga kamu sehat selalu ya Etha, sukses!

    1. Hallo Sidiq, terima kasih sudah membaca Artikel saya. Saya juga senang kalau ada yang merasa terbantu. Ismaning itu Bundesland (bagian) mana? Untuk kommunitas Muslim biasanya ada di kota2 besar. Kommunitas tsb biasanya bernama Masjid Indonesia, misalnya di Frankfurt. Semoga bisa membantu.

      1. Saya di Hotel gasthof Zur Muhle, Kirchplatz , Ismaning. Wah iya ini sambil saya searching juga, Masjid Indonesia adanya di Frankfurt.

  3. hai etha..saya rencana mo ke frankfurt nih,renc mo ntn konser disana.kalo beli tiket s-bahn saran kamu beli tiket yang one day tiket atau gimana ??soalnya selesai konser pasti tengah malam,dan pasti crowded sekali.jadi belinya sekalian buat PP stasiun central-commerzbank arena.makasiiii infonyaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s