Märchenprojekt di Goethe Institut

Hallo, hari ini gw mau cerita tentang event seru yang baru aja dibuat Goethe Institut Jakarta. Buat yang ga tau apa itu Goethe Institut bisa buka link ini http://www.goethe.de/ins/id/jak/idindex.htm

gw ceritain sedikit ya, jadi Goethe Institut itu adalah pusat kebudayaan Jerman, hampir di setiap negara ada Goethe Institut, di Indonesia kebetulan pusatnya di Jakarta, ada juga di Bandung si. Untuk di Jakarta letaknya di Menteng, di jalan sam ratulangi.

baru2 ini Goethe Institut ngadain event tahunan, untuk tahun ini kebetulan judulnya

“Märchenprojekt”. Märchen itu adalah bahasa Jerman, kalo diartikan ke bahasa Indonesia artinya “dongeng”. bener banget! jadi Event kali ini mengenai dongeng. Kenapa dongeng? karena tahun 2012 bertepatan dengan 200 tahun kemunculan dongeng di Jerman.

Dongeng pertama kali diterbitin di Jerman tahun 1812, nah makanya pas 2012 itu tepat 200 tahun dongeng Jerman. Siapa yang nerbitin? Okay yang nerbitin itu adalah Grimm berasudara atau kalau dalam bahasa Jerman Brüder Grimm. Kalau kalian pernah baca cerita Cinderella atau gadis berkerudung merah, nah, versi aslinya itu dibuat oleh mereka sebenernya, dan yang diceritain sama Walt Disney itu udah beda sama cerita aslinya.

Image

dan ini dia muka tiruan Brüder Grimm

Image

ini dia muka tiruannya Brüder Grimm

mirip ga? heheh jadi ceritanya ini tim Make-up nya Brüder Grimm palsu. heheh lagi ikutan eksis foto bareng artis :p.Image

oia ini foto teamnya. perkenalkan satu2 ya mulai dari kiri : vero, imel, gw, yang dibelakang gw itu sifa, terus Andrea, mey, uthe, icha sama mala.

kita semua mahasiswa bahasa Jerman UNJ, tapi satu dari UI yaitu vero. kita ngerjain proyek ini lumayan lama si sampe 5 bulan kalo ga salah, tapi paling berkesan itu kalo kita lagi nge-basteln atau lagi buat2 perlengkapan gitu kaya Maske atau topeng, dll. cape juga si, karena tiap pulang pasti harus ngelawan macet, tapi semua jadi seru krn kita ngelakuinnya dengan senang hati. Selain itu ada si Uthe yang kerjaannya suka ngelucu, jadi bikin kita ga bete :p..

Image

itu hasil kita nge-basteln. itu koper isinya macem2 ada kaos, goodie bag, topeng, kodok, Krone atau mahkota, dan soal2 kuis kaya puzzle gitu. Bayangin, kita harus buat 10 Koper buat di kirim ke seluruh Indonesia, capee boo..

Di pameran ini berisi poster2 mengenai dongeng, semua seputar dongeng, mulai dari ciri-ciri dongeng, apa itu dongeng, ciri-ciri tokoh dalam dongeng, dll.

untuk acara puncak, diadakan olimpiade nasional bahasa Jerman. Di situ semua peserta harus pake kostum2 dongeng. Seru kan! nih kostum yang kita pake

Image

gw yang pake baju ungu, gw ga ngerti di situ gw jadi apa, yang paling jelas sih si mei (paling kanan) dia berperan sebagai Gadis Berkerudung Merah. sama Vero (di sampingnya mei) dia berperan sebagai Rapunzel.. Rapunzel lass dein Haar herunter (Rapunzel turunkan rambutmu!)

ada yang tau ga? Rapuzel itu siapa? Genau! Rapunzel itu gadis yang rambutnya panjang banget, dia tinggal di menara terus kalo pangeran dateng, Rapunzel harus nurunin rambutnya biar bisa dipanjat deh. Ohhh my prince.. terus yang lain jadi Hexe atau penyihir. si icha (gadis berkerudung kuning) mungkin dia jadi Putri salju kali yak. si imel (gadis yang pake mahkota itu) mungkin dia sedang berperan sebagai Prinzessin.

Image

sudah malam, saat yang kita nantikan pun tiba. yap! makan malam, laperr boo.. liat deh mukanya pada muka cape gitu. dan muka kelaperan.

Image

ini waktu ngebacain pemenang kostum terbaik, di sebelah kiri ada 3 orang yang berperan sebagai keledai, kucing, dan anjing. mereka dari dongeng Die Bremmerstadtmusikannten a.k.a Pemusik jalanan dari Bremen. pangeran juga menang. oia pemenang ini ditentukan dari Express votting, like terbanyak di Facebook. kenapa Express Voting? karena votingnya cuma 3 jam, dan like terbanyak, dialah yang menang.

Image

yang terakhir ini namanya foto dibuang sayang. heheh kita lagi pake kaos NDO atau Nationale Deutsch Olympiade .

heheh itu aja pengalaman pameran gw. seru banget yang jelas, dapet banya Merchendise juga, heheh Vielen Dank Goethe Institut

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

4 thoughts on “Märchenprojekt di Goethe Institut

  1. whoa! Awesome!!!! menarik bgt pengalamannya;) kalau boleh tau, kk mengajar di goethe atau murid di sana? trs, kk di unj kuliah jurusan sastra jerman/pendidikan jerman?

    1. Di UNJ cuma ada pendidikan aja, jadi aku pendidikan. Aku pernah kerja untuk projekt2 nya aja, sama pernah di bagian perpustakaan dan dapet kursus di Goethe juga hehe.. salam kenal. Makasih sudah mampir

  2. hallo. aku lg nyari korpus buat skripsi nih. kira kira dongeng jerman tuh apa aja ya yg mengandung unsur kerajaan. dan nyari bukunya dimana. aku butuh bukunya banget nih huhu

    1. Hallo Madona,
      Maaf baru balas. Dongeng yang mengandung unsur Kerajaan sih secara keseluruhan sama aja kayak dongeng2 yang pernah kita baca. Karena kebanyakan adalah terjemahan dari versi aslinya Karya Bruder Grimm.

      Di perpustakaan Goethe Institut banyak dongeng2 Jerman. Kamu bisa pinjam. Seperti Dörnroschen(Sleeping Beauty), Aschenputtel(Cinderella), Froschkönig(Pangeran kodok), dll

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s